10 Manfaat Bermain Gitar Yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

BENGKEL CORETAN – Gitar menjadi alat musik yang populer di masyarakat hingga dunia. Belajar gitar cukup mudah bagi yang benar-benar serius untuk mempelajarinya.

Namun untuk menjadi benar-benar handal, hanya beberapa orang saja yang mampu. Sebut saja gitaris terkenal dunia seperti Joe Satriani, Steve Vai, John Petrucci, yang memiliki skill luar biasa di masing-masing genrenya.

Bagi kalian yang ingin belajar gitar, kini banyak tersedia tempat-tempat les musik yang bisa membantu. Jika ingin lebih efisien, hanya perlu gitar dan belajar dengan orang yang dikenal atau bahkan belajar sendiri secara otodidak.

Ternyata bermain musik memiliki banyak manfaat yang bisa dapatkan bukan hanya sekedar sebagai pengetahuan saja melainkan bermanfaat juga bagi tubuh termasuk bermain gitar.

Berikut Bengkel Coretan akan menguraikan manfaat dari bermain gitar yang tentunya sudah dibuktikan melalui penelitian oleh pakar kesehatan dan psikologi.

Meningkatkan fugsi otak

meningkatkan fungsi otak
meningkatkan fungsi otak

Sudah lama para ahli Skotlandia meneliti manfaat yang di dapat dari bermain gitar. Hingga mereka menemukan bawah dengan bermain gitar mampu membuat fungsi otak semakin berkembang, seperti manfaat bermain catur.

Hal ini baik untuk anak muda, yang masih dalam tahap pertumbuhan. Dengan bermain gitar selagi dalam masa pertumbuhan fisik akan baik untuk perkembangan kemampuan berpikir.

Menghilangkan rasa sakit

rasa sakit
ilustrasi rasa sakit

Kondisi saat kita sakit memang sangat tidak menyenangkan. Kita hanya bisa di buat diam beristirahat di tempat tidur hingga menunggu fisik kita benar-benar pulih.Tentu akan sangat membosankan dan menjengkelkan.

Selain mengkonsumsi manfaat buah-buahan dan sayuran sehat, bagi yang bisa bermain gitar, jika memungkinkan maka bermainlah gitar. Karena gitar membantu kita untuk mereduksi rasa sakit yang kita rasakan.

Mungkin belum bisa menyembuhkan rasa sakit secara fisik, namun secara psikologis rasa sakit tersebut terasa berkurang.

Sugesti itu baik dan akan turut membantu anda dalam proses penyembuhan. Manfaat tersebut berangkat dari hasil penelitian yang dilakukan Universitas Utah’s Pain Research Center.

Menyehatkan jantung

kesehatan jantung
kesehatan jantung

Sejumlah makanan sehat, yang terdapat dalam manfaat sayur-sayuran atau buah-buahan memang mampu membantu menyehatkan jantung dengan kandungan nutrisinya.

Namun dengan bermain gitar kurang lebih 2 jam dalam sehari turut membantu menurunkan tekanan darah, serta detak jantung.Hal tersebut ditemukan dari hasil Studi di Belanda.

Pakar kesehatan jantung, juga turut merekomendasikan bawah bermain gitar baik untuk penderita jantung, karena menurunkan tekanan darah dan kardiovaskular pada jantung.

Menghilangkan stress

stres
stres

Bermain gitar memang terasa enak saat sedang penat. Oleh karena itu, ketika kita terasa sangat penat akan banyak urusan yang menumpuk maka luangkan waktu kita untuk bermain gitar.

Duduk sejenak, ambil gitar, dan nyanyikan lagu kesukaan dengan begitu pikiran kita akan lebih rileks dan ringan untuk kembali bekerja.

Penelitian mengatakan, pikiran akan terasa lebih tenang, saat bermain gitar atau mendengarkan suara gitar tersebut.

Ternyata suara gitar tersebut berpengaruh untuk menurunkan tingkat stress pendengarnya pada tingkat genomic. Hasil riset tersebut telah dilakukan di Loma Linda School of medicine.

Menarik perhatian wanita

menarik perhatian wanita
menarik perhatian wanita

Sangat menarik bukan, bagi laki-laki yang ingin mencari pasangan, untuk mempermudah proses pencarian tidak ada salahnya anda belajar bermain gitar terlebih dahulu. Jika sudah bisa nyanyikan lagu kesukaan gebetan mu supaya dia semakin jatuh cinta pada mu.

Didukung dengan penelitian yang dilakukan di Israel menyatakan bahwa seseorang yang bermain music turut memberikan kesan kejantanan. Hal itu di buktikan oleh peneliti dengan mengirimkan foto kepada 100 orang wanita.

50 orang diberi foto pria tampan dengan gitarnya, 50 sisanya diberi foto tanpa gitar. Hasilnya dari masing-masing 50 foto untuk pria dengan gitar dipilih oleh 10 orang perempuan, dan hanya 5 yang memilih pria tanpa bergitar, dan sisanya tidak menghiraukan.

Berprestasi di bidang akademis

berprestasi
berprestasi

Bidang akademis biasanya dipengaruhi oleh kinerja otak kiri kita. Memang musik sendiri adalah kinerja otak kanan. Namun bermain gitar ternyata bisa mengaktifkan otak kanan dan kiri secara bersamaan.

Hal itu di ungkap oleh Dr. Gordon Show, yang membenarkan bahwa orang yang mahir bermain gitar akan berpotensi meraih prestasi di mata pelajaran yang lain karena saat bermain gitar kedua bagian otak kita aktif bersamaan.

Menambah pergaulan

banyak teman
banyak teman

Orang yang bisa bermain gitar biasanya menjadi pusat perhatian. Disaat kita sedang bermain gitar teman-teman kita akan turut berkumpul mendengarkan alunan gitar kita dan bernyanyi bersama-sama.

Hal itu cukup baik dalam membantu kita lebih dikenal dan menjadi modal menjalin pertemanan dengan orang lain.

Apalagi jika kita bergabung membuat band sendiri atau bahkan kita ikut di komunitas para gitaris, tentu akan menambah pergaulan.

Menjadi gitaris terkenal

paul gilbert
paul gilbert

Jika kita serius dalam bermain gitar, ditunjang dengan bakat musik yang luar biasa dapat membuka peluang untuk menjadi gitaris profesional.

Tidak ada salahnya untuk menjadikan kemampuan ini, sebagai sumber penghasilan. Menjadi pemain gitar untuk acara-acara tertentu atau terjun di dunia industri musik secara serius pun bisa dilakukan.

Dan semua terbukti dengan banyaknya gitaris yang terkenal baik di indonesia dan di luar negeri.

Mengasah kemampuan vokal

metallica
metallica

Sejatinya Pemain gitar adalah pengiring suara vokal. Pemain gitar di haruskan untuk memahami nada dasar penyanyi, sehingga mampu mengiringi dengan baik.

Kemampuan itu yang membuat koordinasi otak pemain gitaris cukup baik antara menyelaraskan suara vokal dan nada gitar. Karena itulah, gitaris juga bisa mengasah kemampuan vokalnya sendiri dengan manfaat bermain gitar.

Justru pemain musik seperti gitaris akan lebih bisa memiliki ruang latihan bernyanyi lebih banyak karena secara mandiri bisa berlatih vokal, sekaligus diiringi oleh musiknya sendiri.

Sehingga, tidak aneh jika biasanya para pemain gitar mampu menciptakan lagu-lagu yang enak di dengar yang bisa dinyanyikan oleh orang lain.

Meningatkan rasa percaya diri

percaya diri
percaya diri

Tidak semua orang memiliki kemampuan bermain gitar. Bahkan yang sudah dewasa dan telah sibuk oleh dunia kerja, tidak sempat untuk mulai belajar gitar.

Oleh karena itu bagi remaja yang masih punya banyak waktu luang sebaiknya mulai belajar bermain gitar. Manfaat bermain gitar, melatih kita untuk tekun dan berusaha menguasai tekniknya dan tidak semua sanggup menjalaninya.

Sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang tergolong bisa menguasai alat musik gitar ini.

Dengan demikian pemahaman tersebut tentu akan mempengaruhi rasa percaya diri kita karena kita turut berbangga menjadi bagian dari orang yang bisa memainkan alat musik populer ini.

 

Demikianlah penjelasan singkat tentang manfaat dari bermain gitar. Semoga setelah membaca artikel ini yang sudah bisa memainkan gitar menjadi lebih mahir lagi dan bagi yang masih belum bisa ataupun masih dalam tahap belajar semoga cepat pandai dalam memainkan alat musik gitar.

Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *