Life: Isn’t Just About Money

(Wildan Sahidillah)

– “Seberapa penting uang bagimu?”

+ “Penting banget, parah!”

– “Emang kalo udah punya banyak uang itu bahaga, ya?”

+ “Belum tentu, sih.”

Kalau dipikir-pikir, uang memang penting untuk kehidupan manusia, tapi, tidak semua hal di dunia ini bukan hanya soal uang. Banyak hal yang tidak bisa dibeli dan dirasakan dengan uang. Uang adalah bonus dari kerja keras yang sudah kita lakukan selama ini. Apalagi sudah jadi kaya, orientasi seorang enterpreneur itu bukan menjadi “terlihat kaya”, tapi “benar-benar kaya.” Kaya itu bukan hanya soal uang juga. Seorang yang kaya, kalau tidak bisa mengatur uangnya, dia tidak bisa me-manage uangnya, itu percuma. Bukan hanya untuk orang kaya saja, tapi semua orang yang bisa me-manage uangnya dengan baik, pasti dia akan kaya.

Seperti kata Andika Sutoro Putra, “Menjadi kaya bukan soal seberapa besar kita menghasilkan uang, tapi soal seberapa hebat kita manage uang tersebut.”

Mengelola uang itu sangat penting bagi setiap orang. Karena setiap orang memiliki kebutuhan masing-masing dan dengan cara sendiri-sendiri. Dan semuanya bukan soal uang. Kembali lagi, bukan uang yang paling berpengaruh, tapi apa yang kita lakukan itu yang menghasilkan uang. Misalnya, ada seorang yang memiliki gaji sedikit, tapi dia beramal hampir 50% dari gaji yang ia dapat, ia tetap bisa merasakan bahagia dalam hidupnya. Kenapa? Ada lima hal tentang kehidupan yang tidak boleh dilupakan.

1. Hidup itu sementara

2. Hidup itu harus bahagia dunia dan akhirat

3. Hidup itu struggle

4. Hidup itu never give up

5. Hidup itu bertujuan (ibadah)

Mari, kita coba ubah orientasi hidup kita ini dengan beberapa poin di atas, dan tidak melulu soal uang. Percaya bahwa uang bukanlah segalanya. Lima poin tentang hidup di atas sudah saya kerucutkan menjadi lebih umum. Mungkin masih banyak yang perlu ditambahkan, seperti “hidup itu simpel” dan lain-lain.

Kalau orientasi bukan hanya uang, maka niscaya kamu akan bisa bersyukur atas nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu. Entah berapa besar rezeki yang diberikan Allah kepadamu. Kamu tidak bisa menghitungnya. Kadang kita lupa bersyukur segala yang kita rasakan tiap hari, kenapa? Apakah kita sudah dibutakan dengan dunia? Masyaallah..

Bagi orang-orang yang menganggap rezeki dari Allah S.w.t adalah uang, berarti anda belum paham soal rezeki. Rezeki dari Allah bisa berupa, kita masih bisa bernafas, kita masih bisa melihat, kita memiliki teman yang baik, dan sebagainya. Itu adalah contoh rezeki yang diberikan Allah sepanjang waktu, akankah kita bersyukur tiap hari?

Semoga, setelah membaca tulisan yang tidak jelas ini, mari kita mulai bersyukur dengan nikmat yang diberikan Allah selama ini. Selagi masih ada waktu, saling mengingatkan dan saling mendoakan.

Semoga bermanfaat :))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *